Tips Membuka Usaha Restoran Rumah Makan

 On Sabtu, 04 Oktober 2014  

The Forward News | Membuka sebuah usaha tentunya harus diselaraskan dengan passion dan keinginan kita. Dengan memiliki usaha yang sesuai dengan passion maka usaha akan lebih mudah berkembang karena kita mampu mengolahkan dengan kreatifitas yang dimiliki tanpa merasa capek dan mengeluh.

Apabila Anda memiliki passion dan hobi dalam dunia masak memasak, hal tersebut dapat Anda kembangkan hobi tersebut ke dalam sebuah usaha yang tentu akan menghasilkan bagi Anda. Usaha yang dapat dilakukan apabila Anda memiliki hobi memasak adalah membuka usaha Rumah Makan atau Restoran.

Bisnis Restoran memang sangat menjanjikan, pasalnya setiap orang membutuhkan makan setiap harinya. Nah, tantangannya adalah bagaimana masakan yang Anda jual dapat diterima oleh lidah konsumen Anda. Disinilah diperlukan sebuah kreatifitas mengemas usaha restoran atau rumah makan agar tidak sedekar menjual masakan tetapi juga keunikan yang berbeda dari restoran lain.

Tips Membuka Usaha Restoran Rumah Makan


Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin membuka usaha rumah makan atau restoran. Berikut The Forward News sampaikan beberapa tips diantaranya :

1. Menu

Ya, salah satu yang perlu Anda pikirkan pertama kali adalah menu apa yang akan Anda jual. Dalam memilih menu, Anda bisa sesuaikan dengan keahlian Anda, dan juga target konsumen Anda. Anda bisa membuat menu masakan khas dimana Anda tinggal atau bisa juga menu yang asing ditelingi orang namun layak untuk disantap orang disekitar daerah Anda.

2. Ciri Khas

Sebuah restoran harus memiliki ciri khas baik dari segi penyajian masakan, maupun rasa masakan itu sendiri. Sebagai contoh Cupuwatu Resto Tempat Kuliner Khas Jogja, Restoran yang berada di Daerah Kalasan, Yogyakarta ini memiliki keunikan dan kekhasan dalam penyajian menu masakan yaitu menu MALON sebagai menu utama restoran ini. MALON merupakan MAnuk LONdo yang berasal dari Perancis namun telah dibudidayakan di Jogja. Dalam penyajiannya dikombinasikan dengan bumbu jawa dan makanan khas Jogja. Inilah salah satu contoh ciri khas yang dapat dicontoh.

3. Lokasi

Faktor lokasi juga menentukan. Lokasi restoran harus sesuai dengan target market. Jika restoran Anda memiliki harga untuk kelas menengah ke atas, jangan membangun restoran di area pelosok, yang nantinya sulit dijangkau oleh target market Anda.

4. Pelayanan

Berikan pelayanan yang maksimal. Seperti senyum dan sapa, berikan layanan yang cepat apalagi dalam hal penyajian. Banyak konsumen yang tidak kembali lagi karena pelayanan kurang maksimal dan lambat.

Itulah beberapa tips membuka usaha restoran yang dapat Anda jadikan acuan. Tentu semua itu kembali pada Anda dan kreatifitas Anda. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan membangun usaha restoran atau rumah makan. Semoga Bermanfaat
Tips Membuka Usaha Restoran Rumah Makan 4.5 5 Unknown Sabtu, 04 Oktober 2014 Berikut ini tips membuka usaha restoran yang dapat Anda jadikan acuan The Forward News | Membuka sebuah usaha tentunya harus diselaraskan dengan passion dan keinginan kita. Dengan memiliki usaha yang sesuai de...


Diberdayakan oleh Blogger.