Gaya Hidup Masyarakat di Era Digital

 On Senin, 23 April 2018  

Perubahan teknologi di era sekarang ini juga berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat. Dan ini membuat beberapa orang yang telah hidup di zaman old menjadi sedikit kaget dengan perubahan sekarang ini. Bahkan masih banyak yang belum siap menerimanya.

Tetapi bagi anak-anak di era sekarang, justru langsung menyatu dan menerima dengan perubahan yang ada.

masyarakat digital


Beberapa contoh gaya hidup masyarakat di era digital sekarang ini diantaranya...

#Suka belanja online

Ya, keberadaan toko online, marketplace, dan situs-situs e-commerce menjadikan banyak orang tidak perlu lagi datang ke toko konvensional untuk membeli barang. Cukup berbekal ponsel, mereka sudah bisa berbelanja barang yang dicari atau bahkan mendapatkan barang yang unik dan hanya ada di toko online.

Artikel terkait : Menabung Yuk...

#Jarang bawa uang cash

Dalam hal keuangan pun juga seperti itu. Masyarakat di era digital sekarang ini sudah mulai mengurangi uang cash untuk pembayaran (cashless). Hal ini dikarenakan sudah banyak platform yang menyediakan pembayaran non tunai seperti e-money, kartu debit, kartu kredit, dll.

Misalnya saja untuk masalah pembayaran tol, sekarang pun sudah diterapkan pembayaran non tunai. Lalu adanya kartu-kartu debit dan kredit misalnya dari Jenius BTPN yang memberikan keleluasaan untuk bertransaksi. Baca juga : Cara Daftar Akun Rekening Jenius

#Mengandalkan Instant Messaging daripada SMS

Dulu ponsel itu digunakan untuk SMS dan Telepon. Meskipun sekarang juga masih bisa digunakan untuk sms dan telepon, tetapi faktanya masyarakat di era digital sekarang lebih suka mengandalkan Instant Messaging seperti WhatsApp, Telegram, BBM, dll.

Ketika ada orang yang tidak punya aplikasi itu seakan tidak bisa langsung menghubungi, padahal sms dan telepon masih tetap bisa digunakan. Kadang ini yang membuat aneh juga.

#Suka pamer di medsos

Media sosial awalnya ada untuk media pertemanan, menemukan teman lama yang sudah tidak bisa dihubungi melalui media sms dan telepon. Tetapi sekarang ini media sosial banyak digunakan untuk pamer. Dikit-dikit upload, dan kadang yang diupload tidak ada manfaatnya. Yang penting orang lain supaya tahu kalau dirinya sedang melakukan kegiatan ini atau sedang makan ini.

Dan masih banyak lagi kehidupan yang berubah di tengah perubahan zaman ini. Era digital memang membuat perubahan yang cukup signifikan terhadap gaya hidup masyarakat.
Gaya Hidup Masyarakat di Era Digital 4.5 5 Unknown Senin, 23 April 2018 Perubahan teknologi di era sekarang ini juga berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat. Dan ini membuat beberapa orang yang telah hidup di zaman old menjadi sedikit kaget dengan perubahan sekarang ini. Perubahan teknologi di era sekarang ini juga berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat. Dan ini membuat beberapa orang yang telah hidup...


Diberdayakan oleh Blogger.